PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
PENJUALAN BARANG
CV. DUTA SETIA GARMENT
A.SEJARAH PERUSAHAAN
Cv. Duta Setia Garment adalah perusahaan yang tergabung dalam
Dialogue group yang beralamat di jl.industri 4 no.3 Leuwigajah cimahi
Secara spesifik cv.duta setia garmen bergerak di bidang
produk perlengkapan bayi dan berpusat di jl industri 1 no.1 leuwigajah cimahi.
Cv.duta setia garmen didirikan pada tanggal 10 desember 2001
yang bergerak di bidang industri.Di dalam mendistribusikan produknya cv.duta
setia garmen di dukung oleh PT.DIALOGUE GARMINDO UTAMA sebagai distributor
utama produk cv,duta setia garmen meliputi;
-Gendongan
-tas bayi,
-kasur,
-baby blanket
-kelambu
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
PENJUALAN BARANG DI CV DUTA SETIA GARMEN
1.Rencana
Perancangan Sistem
Ruang lingkup sistem yang
dirancang yaitu bagian pengelolaan pelanggan.Pada pengelolaan pelanggan akan
dilakukan perancangan sistem dari pelanggan memesan barang, perusahaan
melakukan pemeriksaan ketersediaan barang yang diorder di bagian gudang. Jika
barang pesanan tersedia maka barang akan dikirim pada pelanggan jika barang
tidak tersedia maka barang tersebut diorder kepadasupplier dalam bentuk barang
jadi. Setelah barang tersebut tersedia maka pelanggan akan melakukan pembayaran
dan bagian pemasaran akanmengeluarkan faktur serta melakukan pengiriman barang
yang diorder
2.Perancangan Model Sistem
Model sistem yang akan dirancang
yaitu bagian proses penjualan dan pemasaran produk perlengkapan bayi.
3.Proses bisnis
Pelanggan akan melakukan
pemesanan terhadap barang yang diiginkannya. Perusahaan akan menerima order
dari pelanggan dan kemudianakan melakukan pengecekan validasi data. Validasi
data merupakan kegiatan pengecekan terhadap ketersediaan barang yang dipesan
olehpelanggan.ketersediaan barang akan diupdate oleh supervisor logistik. Jika barang
yangdipesan tersedia maka dilanjutkan pada tahap selanjutnya. Jika barang tidak
tersedia maka supervisor logistik akan melakukan verifikasi data pemesanan pada
supplier Supplier akan menerima pesanan barang dari supervisor logistik dan
kemudian akan meng aupdate ketersediaan barang. Sehingga supervisor logistik
akan meng update barang - barang yang dipesan tersedia.apabila barang yang
dipesan telah tersedia maka pelangga akan melakukan transaksi pembelian dengan
melakukan pembayaran. $agian pemasaran
dan penjualan akan menerima pembayaran dan akan membuatkanlaporan penjualan.
'aporan penjualan tersebut akan diperiksa oleh bagianmanager keuangan untuk
disahkan kemudian pemasaran dan penjualan akanmenerima faktur pembelian.
Setelah semua proses transaksi pembelian selesaimaka barang akan dikirimkan.
4.Business Process diagram
System requirement mengidentifikasi
kebutuhan system berdasarkan proses bisnis. Kebutuhan system pengelolaan
pelanggan berdasarkan proses bisnis adalah sebagai berikut.
5.Identifikasiasi Actor, Use case dan Context
diagram
indentifikasi dilakukan terhadap actor, use
case diagram dan context diagram yang digunakan dalam pembuatan sistem
pengelolaan pelanggan.
6.Identifikasi Actor dan Use case
Actor
adalah sebuah entitas manusia atau mesin yang berinteraksi dengan system
untuk melakukan pekerjaan!pekerjaan tertentu.Actor merepresentasikan user dan system lain yang berinteraksi dengan
system Actor yang berperan dalamsistem pengelolaan pelanggan adalah ;
1.konsumen
2.kasir
3.manager keuangan
4.Supervisor gudang
5.supplier
Use case yang terdapat pada system penjualan
dan pemasaran:
a.use case pembelian
Pelanggan yang merupakan actor dari use case
pembelian karena pelanggan akan melakukan order terhadap barang yang di
tawarkan.jika barang yang dipesan oleh pelanggan telah tersedia maka pelanggan
akan melakukan transaksi pembelian dengan melakukan pembayaran.setelah proses
transaksi selesai maka pelanggan akan di berikan faktur sebagai bukti
pembelian.
b.use case penjualan
aktor utama dalam use case penjualan adalah
bagian penjualan dan pemasaran. $agian ini akan menerima order dari pelanggan
kemudianmelakukan perivikasi data barang. Jika barang telah tersedia maka
bagian penjualan dan pemasaran akan melakukan transaksi penjualan danmembuat
laporan penjualan. Setelah proses selesai maka bagian penjualandan pemasaran
akan melakukan pengiriman barang.
c.use case login
Seluruh user
merupakan use case login karena setiap aktor dapatmenggunakan data yang
ada pada sistem jika telah masuk pada sitemtersebut.User tersebut terdiri dari
manager keuangan, supervisor
logistik,kasir, konsumen dan supplier
untuk masuk ke sistem maka user harus login terlebih dahulu untuk dapat
memeroleh informasi yang ada pada sistem.
d.use case supplier
Supplier
akan masu ke sistem apabila barang yang dipesan pelanggantidak tersedia
maka supervisor logistik akan melakukan
pemesanan pada supplier Supplier
mengecek ketersediaan barang yang dibutuhkankemudian akan mengupdate
ketersediaa barang.
e.use case persediaan
aktor dari use case persediaan barang adalah
bagian supervisor gudang yang akan
mengupdate data ketersediaan barang dan akan melakukan pemesanan pada supplier jika barang yang diminta tidak tersedia.
f.use case pengontrolan
aktornya yaitu bagian
manager
keuangan yang akan melakukan pengecekan laporan penjualan dan
mengesahkan laporan penjualansehingga faktur pembelian dapat dikirim pada
konsumen.
7.Context diagram
Context diagram yang digunakan dalam sistem
pengelolaan pelanggan adalah sebagai berikut ;
diagram 0 level 1 sistem penjualan dan proses olah data
barang.
Proses olah data penjualan dan proses olah
data pembelian barang;
Proses olah data supplier dan gabungan dalam
proses sistem
8.Use case scenario
Pelanggan akan melakukan pemesanan terhadap
barang yangdiiginkannya. Perusahaan akan menerima order dari pelanggan dan kemudianakan melakukan
pengecekan validasi data. Validasi data merupakan kegiatan pengecekan terhadap
ketersediaan barang yang dipesan oleh pelanggan.etersediaan barang akan d iupdate oleh supervisor logistik. Jika barang yangdipesan tersedia
maka dilanjutkan pada tahap selanjutnya. Jika barang tidak tersedia maka supervisor
logistik akan melakukan verifikasi data pemesanan pad supplier -Supplier akan
menerima pesanan barang dari supervisor
logistik dan kemudian akan meng!update ketersediaan barang. Sehingga supervisor logistik akan meng!update barang bah"a
barang yang dipesan tersedia.apabila barang yang dipesan telah tersedia maka
pelangga akanmelakukan transaksi pembelian dengan melakukan pembayaran. $agian
pemasaran dan penjualan akan menerima pembayaran dan akan membuatkanlaporan
penjualan. 'aporan penjualan tersebut akan diperiksa oleh bagianmanager
keuangan untuk disahkan kemudian pemasaran dan penjualan akan menerima faktur
pembelian. Setelah semua proses transaksi pembelian selesa imaka barang akan
dikirimkan
9.Use
case Diagram
Use case diagram menggambarkan sekelompok use
case dan actor yang disertai dengan
hubungan diantaranya. )iagram ini menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan
dari sebuah system. Use case dalam sistem yang dirancang adalah sebagai berikut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar