Selasa, 14 Oktober 2014

USE CASE DIAGRAM DAN CONTEXT DIAGRAM



PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG
CV. DUTA SETIA GARMENT

A.SEJARAH PERUSAHAAN
Cv. Duta Setia Garment adalah perusahaan yang tergabung dalam Dialogue group yang beralamat di jl.industri 4 no.3 Leuwigajah cimahi
Secara spesifik cv.duta setia garmen bergerak di bidang produk perlengkapan bayi dan berpusat di jl industri 1 no.1 leuwigajah cimahi.
Cv.duta setia garmen didirikan pada tanggal 10 desember 2001 yang bergerak di bidang industri.Di dalam mendistribusikan produknya cv.duta setia garmen di dukung oleh PT.DIALOGUE GARMINDO UTAMA sebagai distributor utama produk cv,duta setia garmen meliputi;
-Gendongan
-tas bayi,
-kasur,
-baby blanket
-kelambu

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG DI CV DUTA SETIA GARMEN
1.Rencana Perancangan Sistem
Ruang lingkup sistem yang dirancang yaitu bagian pengelolaan pelanggan.Pada pengelolaan pelanggan akan dilakukan perancangan sistem dari pelanggan memesan barang, perusahaan melakukan pemeriksaan ketersediaan barang yang diorder di bagian gudang. Jika barang pesanan tersedia maka barang akan dikirim pada pelanggan jika barang tidak tersedia maka barang tersebut diorder kepadasupplier dalam bentuk barang jadi. Setelah barang tersebut tersedia maka pelanggan akan melakukan pembayaran dan bagian pemasaran akanmengeluarkan faktur serta melakukan pengiriman barang yang diorder
2.Perancangan Model Sistem
Model sistem yang akan dirancang yaitu bagian proses penjualan dan pemasaran produk perlengkapan bayi.
3.Proses bisnis
Pelanggan akan melakukan pemesanan terhadap barang yang diiginkannya. Perusahaan akan menerima order dari pelanggan dan kemudianakan melakukan pengecekan validasi data. Validasi data merupakan kegiatan pengecekan terhadap ketersediaan barang yang dipesan olehpelanggan.ketersediaan barang akan diupdate oleh supervisor logistik. Jika barang yangdipesan tersedia maka dilanjutkan pada tahap selanjutnya. Jika barang tidak tersedia maka supervisor logistik akan melakukan verifikasi data pemesanan pada supplier Supplier akan menerima pesanan barang dari supervisor logistik dan kemudian akan meng aupdate ketersediaan barang. Sehingga supervisor logistik akan meng update barang - barang yang dipesan tersedia.apabila barang yang dipesan telah tersedia maka pelangga akan melakukan transaksi pembelian dengan melakukan pembayaran. $agian pemasaran dan penjualan akan menerima pembayaran dan akan membuatkanlaporan penjualan. 'aporan penjualan tersebut akan diperiksa oleh bagianmanager keuangan untuk disahkan kemudian pemasaran dan penjualan akanmenerima faktur pembelian. Setelah semua proses transaksi pembelian selesaimaka barang akan dikirimkan.

4.Business Process diagram
System requirement mengidentifikasi kebutuhan system berdasarkan proses bisnis. Kebutuhan system pengelolaan pelanggan berdasarkan proses bisnis adalah sebagai berikut.





                                                                                                                                                                                               


5.Identifikasiasi Actor, Use case dan Context diagram
indentifikasi dilakukan terhadap actor, use case diagram dan context diagram yang digunakan dalam pembuatan sistem pengelolaan pelanggan.

6.Identifikasi Actor dan Use case
Actor  adalah sebuah entitas manusia atau mesin yang berinteraksi dengan system untuk melakukan pekerjaan!pekerjaan tertentu.Actor merepresentasikan user  dan system lain yang berinteraksi dengan system Actor yang berperan dalamsistem pengelolaan pelanggan adalah ;
1.konsumen
2.kasir
3.manager keuangan
4.Supervisor gudang
5.supplier
Use case yang terdapat pada system penjualan dan pemasaran:
a.use case pembelian
Pelanggan yang merupakan actor dari use case pembelian karena pelanggan akan melakukan order terhadap barang yang di tawarkan.jika barang yang dipesan oleh pelanggan telah tersedia maka pelanggan akan melakukan transaksi pembelian dengan melakukan pembayaran.setelah proses transaksi selesai maka pelanggan akan di berikan faktur sebagai bukti pembelian.
b.use case penjualan
aktor utama dalam use case penjualan adalah bagian penjualan dan pemasaran. $agian ini akan menerima order dari pelanggan kemudianmelakukan perivikasi data barang. Jika barang telah tersedia maka bagian penjualan dan pemasaran akan melakukan transaksi penjualan danmembuat laporan penjualan. Setelah proses selesai maka bagian penjualandan pemasaran akan melakukan pengiriman barang.
c.use case login
Seluruh user  merupakan use case login karena setiap aktor dapatmenggunakan data yang ada pada sistem jika telah masuk pada sitemtersebut.User tersebut terdiri dari manager  keuangan, supervisor logistik,kasir, konsumen dan supplier  untuk masuk ke sistem maka user harus login terlebih dahulu untuk dapat memeroleh informasi yang ada pada sistem.


d.use case supplier
Supplier  akan masu ke sistem apabila barang yang dipesan pelanggantidak tersedia maka  supervisor logistik akan melakukan pemesanan pada supplier  Supplier mengecek ketersediaan barang yang dibutuhkankemudian akan mengupdate ketersediaa barang.

e.use case persediaan
aktor dari use case persediaan barang adalah bagian supervisor  gudang yang akan mengupdate data ketersediaan barang dan akan melakukan pemesanan pada supplier  jika barang yang diminta tidak tersedia.


f.use case pengontrolan
aktornya yaitu bagian
manager  keuangan yang akan melakukan pengecekan laporan penjualan dan mengesahkan laporan penjualansehingga faktur pembelian dapat dikirim pada konsumen.












7.Context diagram
Context diagram yang digunakan dalam sistem pengelolaan pelanggan adalah sebagai berikut ;





diagram 0 level 1 sistem penjualan dan proses olah data barang.

Proses olah data penjualan dan proses olah data pembelian barang;

Proses olah data supplier dan gabungan dalam proses sistem






8.Use case scenario
Pelanggan akan melakukan pemesanan terhadap barang yangdiiginkannya. Perusahaan akan menerima order  dari pelanggan dan kemudianakan melakukan pengecekan validasi data. Validasi data merupakan kegiatan pengecekan terhadap ketersediaan barang yang dipesan oleh pelanggan.etersediaan barang akan d iupdate  oleh supervisor  logistik. Jika barang yangdipesan tersedia maka dilanjutkan pada tahap selanjutnya. Jika barang tidak tersedia maka supervisor logistik akan melakukan verifikasi data pemesanan pad supplier -Supplier akan menerima pesanan barang dari supervisor  logistik dan kemudian akan meng!update ketersediaan barang. Sehingga supervisor  logistik akan meng!update barang bah"a barang yang dipesan tersedia.apabila barang yang dipesan telah tersedia maka pelangga akanmelakukan transaksi pembelian dengan melakukan pembayaran. $agian pemasaran dan penjualan akan menerima pembayaran dan akan membuatkanlaporan penjualan. 'aporan penjualan tersebut akan diperiksa oleh bagianmanager keuangan untuk disahkan kemudian pemasaran dan penjualan akan menerima faktur pembelian. Setelah semua proses transaksi pembelian selesa imaka barang akan dikirimkan








9.Use case Diagram
Use case diagram menggambarkan sekelompok use case dan actor  yang disertai dengan hubungan diantaranya. )iagram ini menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah system. Use case dalam sistem yang dirancang adalah sebagai berikut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar